Politik Kampus - OPINIKU
Headlines News :
Home » » Politik Kampus

Politik Kampus

Written By turmuzi on Selasa, 07 Agustus 2012 | 00.03

Dalam beberapa tahun terahir keberadaan Lembaga pendidikan, oleh sejumlah pengamat dan media tidak pernah absen menjadi sorotan dan menu istimewa untuk diperbicangkan, termasuk di dalamnya Perguruan Tinggi (PT). Setidaknya ada dua alasan paling seksi, mengapa PT senantiasa menjadi sorotan istimewa sejumlah pengamat, aktivis NGO dan media.

Keistiwaan ini tidak terlepas dari posisi PT sebagai lembaga paling sering dipuji, tetapi tidak jarang pula dicaci maki dan menimbulkan kontropersi. Entah karena prestasi, seringnya berlansung prilaku tidak terpuji, aksi anarki mahsiswa melakukan demontrasi, sikap arogansi kaum akademisi hingga praktik korupsi.

Kasusu korupsi yang melibatkan beberapa kaum akademisi, dan sikap anarki mahasiswa dalam melakukan demontrasi paling banyak mendapat sorotan dan santapa lezat media masa. Kampus yang semestinya sebagai pusat kegiatan akademis, belakangan semakin santer dengan kegiatan politis.

Akan Jarang sekali misalkan ditemukan kelompok mahasiswa, karyawan dan sebagian dosen menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan akademis. Kalaupu ada bisa dihitung dengan jari Hampir dalam setiap kesempatan agenda pembicaraan tidak pernah terlepas dari muatan politis dan kepentingan, bagi-bagi jabatan hingga strategi mempercepat menaikkan kepangkatan.

Sikap arogan atas nama kelompok dan golongan menjadi pemandangan demikian memuakkan di saksikan. Tidak jarang tugas utama melaksanakan tri dharma PT berupa pengabdian, pengajaran dan penelitian sedikit terbengkalaikan. Disisi lain beberapa gelintir dosen melanjutkan study ada indikasi, motivasinya tidak lagi murni karena tuntutan keilmuan, tetapi hanya tuntutan memenuhi kenaikan kepangkatan.

Kalau PT sebagai lembaga tertinggi dunia pendidikan, dengan sejumlah tokoh dan ilmuan yang banyak dijadikan panutan saja tidak mampu menunjukkan sikap keteladanan/kebijaksanaan.Apakah salah kalau mahasiswa dalam setiap melakukan aksi demonstrasi selalu dengan aksi anarkis dan arogan?. Masih bisakah kampus dijadikan sebagai tempat menemukan keteladanan?. Silahkan anda yang menentukan!

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Blogger Themes

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OPINIKU - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template